PARTNER

Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Ubuntu

Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Ubuntu – Berbeda dengan Windows 7, pada saat menginstall software di ubuntu biasanya tidak langsung ada shortcutnya di desktop. Sehingga jika kita ingin me-running atau menjalankan software di ubuntu, kita bisa menggunakan terminal dengan mengetik sedikit script dan kemudian enter. Atau cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan dash home kemudian mengetikkan nama aplikasinya kemudian enter.
Cara membuat shortcut aplikasi diubuntu sangat banyak, tapi kali ini saya akan memberikan cara membuat shortcut aplikasi diubuntu dengan lxshortcut. Langsung saja silahkan anda ikuti langkah dibawah ini :
  1. install aplikasi lxshortcut terlebih dahulu melalui terminal dengan perintah “sudo apt-get lxshortcut” tanpa tanda petik.
  2. Untuk membuat shortcut, masukan perintah “lxshortcut -o ~/Desktop/nama aplikasi” tanpa tanda petik. Misalkan anda ingin membuat shortcut xdman maka untuk perintahnya yaitu “lxshortcut -o ~/Desktop/Xdman”.
  3. Kemudian akan muncul window file properties, lalu klik tab Desktop Entry.
  4. Pada kolom Command klik Browse... kemudian pilih file command-nya, jika bukan di bin, coba cari di share/application.
  5. Jika sudah selesai, icon bisa diganti dengan klik kanan pada icon kemudian properties, klik iconnya kemudian pilih icon baru.
  1. Pada menu Command: klik Browse... lalu pilih file command-nya. Kalau bukan di bin, cobalah cari di share/applications.
  2. Jika telah selesai, icon dapat diganti dengan klik kanan icon kemudian pilih properties. Klik icon-nya kemudian pilih icon yang baru.

Isi command dengan direktori aplikasi

Ubah iconnya
Sebenarnya masih banyak cara lain, silakan untuk bisa diexplore sendiri. Jika masih bingung atau penjelasan saya kurang memadai atau malah artikel saya salah silakan ditanyakan/dikonfirmasi/dibenarkan melalui komentar atau tinggalkan pesan untuk saya di contact us

Saya senang sekali jika ada yang mengoreksi jika saya salah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Ubuntu"

Posting Komentar